Manajemen bisnis

Pusat belajar bisnis online dan offline masa kini

Klasifikasi operasi dan manajemen

Sistem informasi operasi memproses data yang berasal dari dan yang digunakan dalam sistem kegiatan usaha. sistem ini dapat dibagi kedalam beberapa kategori yaitu :
Transaction-prosessing system (sistem proses transaksi) mencatat dan memproses data dari transaksi bisnis, data base baru, dan menghasilkan berbagai macam dokumen dan laporan.
Keputusan operasional yang mengontrol proses-proses secara fisik dibuat oleh proses control system (sistem pengendali proses).
Komunikasi dan produktivitas kantor didukung oleh office automation system (sistem otomasi kantor).
Sistem informasi manajemen mennyediakan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan manajemen. Sistem ini terdiri atas beberapa tipe, yaitu : Laporan spesifikasi dan rencana awal untuk para manajer dikerjakan oleh informasi reporting systems (sistem laporan informasi). Dukungan ad hoc dan interaktif untuk pengambilan keputusan oleh manajer dikerjakan oleh decision support systems (sistem pendukung keputusan). Informasi kritikal untuk manajemen diatas diterapkan oleh executive information systems (sistem informasi ekskutif).
Klasifikasi lain dari sistem informasi adalah : Nasehat pakar untuk pengembalian keputusan operasional atau manajerial ditetapkan oleh expert systems (sistem pakar) dan knowledge based information systems (sistem informasi berbasis pengetahuan) lainnya.
Dukungan langsung dan terus untuk aplikasi operasional dan manajerial dari pengguna akhir (and users) ditetapkan oleh and user compiting systems.
Aplikasi opersional dan manajemen dalam dukungan fungsi bisnis ditetapkan oleh bisiness function information systems. Produk dan layanan jasa yang bersaing untuk mencapai keuntungan strategis ditetapkan oleh strategic systems.
Dalam dunia kerja nyata, sistem informasi yang digunakan merupakan kombinasi dari berbagai macam sistem informasi yang disebutkan diatas. Pada prakteknya, berbagai peranan tersebut menjadi suatu gabungan atau fungsi-fungsi (cross-function) sistem informasi yang menjalankan berbagai fungsi.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori manajemen dengan judul Klasifikasi operasi dan manajemen. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://jenismanajemen.blogspot.com/2012/09/klasifikasi-operasi-dan-manajemen.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: adinew - Senin, 24 September 2012

Belum ada komentar untuk "Klasifikasi operasi dan manajemen"

Posting Komentar